5 Kesalahan dalam Berjualan Online
Berjualan online adalah salah satu yang
menjadi tren bisnis beberapa waktu ini. Untuk berjualan online tentu
saja kita membutuhkan sebuah website atau situs yang digunakan untuk
memamerkan barang dagangan kita. Pada awalnya berjualan online hanya
melalui sosial media seperti facebook, twitter, instagram dan lain
sebagainya. Saat ini sudah banyak jasa pembuatan toko online. Bukan
hanya fitur lengkap yang ditawarkan, namun desain yang menarik dan harga
yang murah juga sudah banyak ditawarkan oleh jasa pembuatan toko
online. Namun tidak semua pengusaha online tahu dan mengerti cara untuk
mengoptimalkan website atau situs jual beli mereka. Hal ini menyebabkan
banyak kesalahan terjadi dalam proses penjualan toko online tersebut.
Berikut ini 5 kesalahan yang dilakukan dalam berjualan Online :
1. Foto produk tidak jelas
Ketika kita berjualan secara online, hal
yang paling penting adalah foto produk tersebut. Karena berjualan
online hanya akan menunjukkan foto produk, deskripsi dan harga produk
tersebut. Sebaiknya kita memiliki gambar terbaik dari produk kita. Untuk
foto produk sendiri, sebaiknya diambil dari banyak sisi dan usahakan
untuk mengambil gambar dari jarak dekat. Hal ini dilakukan agar
pelanggan mengetahui keadaan, model dan bentuk dari produk tersebut
dengan sangat jelas. Untuk ukuran gambar sendiri sebaiknya disesuaikan
dengan ukuran yang sudah ditentukan pada template website tersebut.
Karena apabila terlalu kecil atau terlalu besar, akan mempengaruhi
keadaan foto pada saat diperbesar.
2. Detail produk tidak lengkap
Selain foto produk, detail produk adalah
salah satu hal yang penting. Karena pelanggan tidak bisa mennyentuh
produk kita secara langsung. Sehingga hanya melalui detail produk yang
lengkap, jelas dan mudah dimengertilah kita mampu menggambarkan produk
kita kepada pelanggan. Detail produk bisa berisi gambaran singkat produk
anda, bahan pembuat, ukuran, warna, hingga yang paling penting adalah
stock dan harga. Semua itu adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh
pelanggan, yaitu informasi mengenai produk. Kebanyakan usaha toko online
tidak berkembang salah satu penyebabnya adalah dari informasi produk
itu sendiri, yang kurang lengkap atau bahkan tidak dicantumkan. Sehingga
informasi produk sangatlah penting.
3. Barang yang diterima pembeli tidak sesuai dengan foto produk
Kepercayaan pelanggan adalah segalanya.
Hal ini juga sangat penting terlebih untuk bisnis online. Salah satu
kepercayaan yang bisa diciptakan dalam bisnis online adalah pada saat
pengiriman barang kepada pelanggan. Mulai dari keadaan barang yang harus
dalam keadaan bagus dan ketetapan waktu pada saat barang datang. Hal
ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan
terhadap toko online kita. Banyak toko online yang gagal mendapatkan
kepercayaan itu karena lalai ketika mengirim barang. Mulai dari
kesalahan alamat, keterlambatan waktu sampai, hingga produk yang datang
tidak sama dengan yang difoto dan dengan yang dipesan.
4. Tidak memperbarui status ketersediaan barang
Salah satu yang harus ada dalam detail
produk adalah stok atau ketersediaan barang. Hal ini sangat penting
bukan hanya bagi kita pemilik toko online, namun juga untuk pelanggan.
Banyak toko online tidak memperbaharui stok atau ketersediaan barang
mereka. Sehingga ini bisa menyebabkan miss komunikasi antara pelanggan
dan pemilik toko online. Pelanggan bisa saja kecewa atau marah ketika
barang yang mereka inginkan bertuliskan masih ada atau stok lebih dari
1, namun ketika memesan ternyata stok sudah habis. Sebaiknya selalu
lakukan update untuk stok barang. Atau bisa juga dengan update otomatis
dari CMS toko online yang anda miliki.
5. Lama menanggapi pertanyaan pembeli
Tidak jarang pembeli mengajukan
pertanyaan mengenai produk anda atau konfirmasi pembayaran. Hal ini
biasanya terjadi bisa melalui email, sms, telepon, atau bahkan melalui
sosial media. Banyak pelanggan meragukan sebuah toko online karena
ketika mereka bertanya mengenai suatu produk, tidak segera mendapat
jawaban. Hal ini yang membuat pelanggan malas untuk meneruskan transaksi
mereka. Sebaiknya ketika pelanggan bertanya mengenai produk anda,
jangan biarkan mereka menunggu lama untuk mendapat jawaban dari kita.
Usahakan beri mereka jawaban sesegera mungkin.
Belum ada Komentar untuk "5 Kesalahan dalam Berjualan Online"
Posting Komentar